KERJA DAN BERBENAH


Bismillah..

saya ingin sedikit curhat, ambil kata ini adalah pelajaran yang mudah-mudahan bisa diambil hikmah. tiga puluh hari yang lalu, saya berdiri tegak di depan pimpinan kantor tempat saya bekerja, saat itu saya sedang menyampaikan laporan pencapaian tim yang saya pimpin. Dalam tiga bulan terakhir, pencapaian penjualan sebelum saya diberikan kepercayaan memimpin tim showroom, pencapaiannya hanya 28% dari target 150%. Meningkat, di bulan pertama saya memimpin dengan pencapaian 125%. Saya jumawa, karena ini benar-benar hal yang mustahil dicapai dalam 6 bulan terakhir. Senang dong yaa, karena bisa mendekati target. Alhamdulillah, manpower sebagai salah satu komponen kekuatan Tim mencukupi kebutuhan, produktivitas personal tim juga membanggakan. Bulan ke dua, pecapaian 85%, menurun meskipun masih pada titik aman tim. Nah, bulan Agustus ini saya mencanangkan pencapaian 150%, atau pencapaian penuh. Akan tetapi saya lupa pada beberapa hal, pertama: Kesibukan yang tak termanagement dengan rapi sehingga saya kelelahan sendiri memanagemen waktu. Kedua: Kelelahan tadi menyebabkan penurunan produktivitas Ruhiyah. Hal yang paling terasa adalah berubahnya jadwal tidur yang membuat waktu bangun tidur saya menjadi lambat. saya sangat merasakan bahwa manpower tim saya benar-benar sudah sangat bekerja keras, namun ada saja kendala yang harus kami hadapi. tidak sedikit yang kemudian memancing emosi saya, semua serba sangat tidak sesuai dengan perencanaan. Hingga saya tersadar bahwa saya hampir-hampir lupa untuk mendo’akan rekanan Tim saya, lupa untuk mengingatkan mereka agar sholat, lupa untuk memberi contoh yang baik bahwa sholat harus tepat waktu, lupa bahwasannya ADA yang Maha Memungkinkan segala sesuatunya meskipun itu sangat sulit. Ya, saya sempat merasakan kehambaran dalam ibadah-ibadah saya dan inilah faktor utama penyebab kemunduran prestasi pencapaian saya dan TIM.  Hingga tanggal 23 Agustus, pencapaian kami baru 11%. Ketika itu, saya sadar bahwa kesalahan ini muaranya dari dzalimnya saya sebagai pemimpin tim. Ya, saya merasa dzalim pada Hak-hak Allah yang mestinya saya jaga. Alhamdulillah, Allah memberikan taufik dan hidayah-Nya, sehingga saya berkesempatan untuk merubah diri, menyadari sesadar-sadarnya kesalahan yang terjadi. Menarik pesan yang ingin disampaian pada saya.. Ya, merubahnya menjadi seperti semua, merubah strateginya seperti dengan spirit awal. Alhamdulillah, hingga hari ini pencapaian kami tutup di Angka 45,5%. Itu pencapaian yang sangat diluar nalar saya sebenarnya, saya sendiri tidak yakin bisa menembus angka ini. Jauh memang dari target, bahkan masih harus 40% lagi untuk mencapai titik aman pertama. Saya bahkan memprediksi hanya bisa tutup 30% loh ya, dengan melihat tantangan dan kendala yang ada dan yang kami hadapi saat ini. Allahu akbar, kasih sayang Allah lah yang membuat kami bisa mencapai ini semua. Doakan kami, mudah-mudahan selalu  terkoneksi dengan Allah saat aktivitas kami, menjadikan aktivitas ini sama halnya dengan aktivitas Ibadah, selalu mengutamakan Allah dan lagi-lagi mendahulukan Hak Allah atas kami. InsyaAllah, kedepan kami lebih optimis lagi untuk menambah prestasi pencapaian kerja tim kami, syaratnya sudah kami pahami, sudah kami ketahui. Doakan kami supaya selalu bisa menjaga ritme ibadah dan kerja-kerja kami. Insya Allah, kami sudah mulai berbenah. Ya, berbenah untuk menjadi Tim yang baik (lagi). Bahagianya saat hati merasa penuh haru, merasa dekat, hangat dan akrab dengan Allah dalam mencapai apa yang menjadi target kami. Sesederhana itu. 

Robbana dzolamna anfusana wa inlamtaghfirlana watarhamna lanakuunanna minalkhosirin.

Robbana atmimlana nurona waghfirlana, innaka ‘ala kulli syaiin qadir.

Tinggalkan Balasan

