SISI LAIN


Bismillah..

setiap pribadi pasti memiliki sisi lain yang kadang tidak dimengerti oleh orang lain kecuali dengan mengenal dengan dekat seseorang itu. misalnya, sisi lain tentang cara orang lain memandang dan menilai sesuatu, cara orang lain mengungkapkan sesuatu tentang dirinya, atau mungkin sisi lain dari orang lain tentang bagaimana ia mengungkapkan bentuk perhatiannya akan sesuatu. oke, kita ambil contoh sederhana yaa..

Kasus 1:

“Kita pernah sama2 menyukai edelwiss, bahkan hingga kinipun aku masih percaya kita masih menyukainya.Namun, jika suatu hari aku mengajakmu utk melihatnya dan aku tak membersamaimu saat memandangnya maka percayalah bahwa aku masih tetap menyukainya sama seperti dirimu hanya saja ada bagian dari diriku yang tak mampu utk memandangnya.”

Analisis sisi lain: dari kalimat ini, sebenarnya sang penulis sedang ingin mengungkapkan kepada khalayak nya bahwa ketika ia tidak mampu melakukan sesuatu yang pernah sama-sama diucapkan atau terjanjikan maka penulis mengatakan bahwa dirinya memiliki sesuatu yang susah untuk diungkapkan secara terbuka dan meminta untuk “cukuplah dengan mengerti dan mempercayai mengapa ia tidak mampu melakukan hal itu.”

kasus 2:

“kuncup2 bunga yang merekah menjadi indah dipandang mata..
lukisan kata tak akan mampu mengungkap keindahan sang pencipta..
kumbang2 yang mendekat dan tak akan membiarkan madu direnguk kumbang yang lainnya..
sungguh bunga yang indah menawan dan mempesona”

Analisis sisi Lain: bahwa sang penulis ingin mengatakan bahwa ia takjub dengan apa yang tengah dipandangnya saat itu dan ia mengatakan bahwa masing-masing sudah ada takdirnya.

Kasus 3:

“Bulan…wajahmu begitu indah. Wajahmu begitu putih dan bersinar, menyala-nyala menerangi kegelapan malam.
Bulan,.. aku ingin seputihmu, aku ingin seterangmu.., supaya aku bisa menyinari kegelapan manusia..”

Analisis sisi lain: bahwa sang penulisnya ingin mengungkapkan betapa saat ini dirinya tengah dalam keadaan tidak berdaya meskipun sesungguhnya ia tetap memiliki satu keinginan besar yang (mungkin) susah untuk diwujudkannya.

nah, keuntunggannya apa dari melihat sisi lain seseorang ini? keuntungannya adalah kita akan belajar untuk memahami orang lain bawa apa yang ditampakkan orang lain itu belum tentu keadaan sebenarnya melainkan ‘kode’ untuk mengetahui sebenarnya bagaimana ia sedang berfikir atau bersikap atau bahkan menilai tentang sesuatu yang sedang terjadi pada dirinya saat ini. kepo dong? enggak lah yaa, karena tidak sedikit juga orang-orang yang dengan sengaja menampakkan sesuatu yang tersembunyi pada dirinya dan ‘memancing’ orang lain untuk masuk dan menjadi satu bagian dengan apa yang dialami atau difikirkan atau disikapi olehnya.

apakah bisa dimengerti? mudah-mudahan yaa.. sebab dengan mengetahui sisi lain juga kita akan terbiasa untuk mengkritisi atau menganalisis terhadap sesuatu, jadi kita tidak dengan serta merta menyerap informasi atau serta merta menyimpulkan tanpa mempelajari lebih dalam tentang apa yang sebenarnya sedang disampaikan. semoga bermanfaat… 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s