TIPS MENGATASI STRESS TUGAS AKHIR


Bismillah..

tugas akhir biasanya dekat sekali dengan yang namanya stress. ada yang stres karena sibuk memikirkan nasib tugas akhirnya, ada yang stress karena susahnya mencari literatur, ada juga yang stress karena dicuekin atau ditolak bimbingan sama dosen pembimbing. eh, emang ada yaa pembimbing yang tega gitu nyuekin mahasiswanya saat bimbingan? hehe, ada kok. saya pernah ngalami hal itu. 😀

nah, saya akan mencoba berbagi kiat ketika stress karena gagal revisi karena di cuekin oleh pembimbing atau ditolak pembimbing. dengerin dan imajinasikan dengan baik yaa..

kawan, jika target bimbingan hari ini gagal, kamu di cuekin atau di tolak sama pembimbing kamu, sabar yaa. berusahalah untuk menghadap pembimbingmu lagi esok hari, kalau gagal juga maka tinggalkan lah target bimbingan mu hari itu! lalu, berjalan lah, yapp jalan aja kemanapun kaki mu ingin berjalan sampai kamu merasakan fisikmu lelah, benar-benar lelah. kemudian, pulang dan mandi lalu tidurlah dengan nyenyak dan nyaman selama 6-9 jam. ketika bangun, ambil air wudhu dan sholat sunnah dua rokaat lalu bacalah Al-Qur’an. setelah itu, mulailah untuk memikirkan kembali kegagalan mu kemarin. saya yakin perlahan-lahan kamu pasti ingin menangis, maka biarkan lah airmata mu mengalir. menangislah! karena setelah itu yang akan kamu dapatkan adalah ketenangan dan alternatif solusi. percaya deh..

saya juga melakukan hal itu, ketika saya ditolak, atau gagal dalam meraih sesuatu yang menjadi target. hasilnya? yaa, cukup memuaskan sebab saya jadi lebih tegar dan kuat!

semoga bermanfaat.. 🙂

tulisan ini disarikan dari buku Model Manusia Muslim Abad XXI karya M. Anis Matta

Iklan

2 thoughts on “TIPS MENGATASI STRESS TUGAS AKHIR

  1. aku mengalami hal ygdemikian susah tidur… gelisah.. n sll sedih pengen rasanya menagis dan mengadu kpd Allah… tp sebenarx hal demikian ga seberapa..lihat org yg ditimpa cobaan bertubi-tubi.. jika kt memikirkan itu tentu apa yg kita alami skrg sperti mslh skripsi adalah cobaan yg biasa jalani sj.. insha Allah.. smua ada jln.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s