Gimana sih supaya Ide menulis cerpen itu Lancar??


Oke, pembahasan kita kali ini berkaitan dengan tulis-menulis cerpen! hayoo, ada yang punya atau mau menjawab pertanyaan pada judul pembahasan ini??

Hm, menurut saya, supaya ide menulis cerpen itu lancar yaa dengan menulisnya! Mungkin banyak temen-temen yang seperti ini,”tapi ide cerita aku nggak bagus, garing, dan kaku” saya jawab yaa,”haduuh, nggak masalah koq, semakin kita sering menuliskannya maka kita akan menemukan sendiri citarasa menulis kita. perlahan kita juga akan semakin tahu dimana,mengapa serta penyebab mengapa cerita yang kita buat itu kaku, garing dan lain sebagainya.”

Bagus dan tidaknya sebuah cerita bukan kita yang menilai, tapi pembaca kita. Batas tanggung jawab kita sebagai penulis cerita adalah pada pengemasan bahasa dan alur penuturan cerita. Hal-hal yang sepele pun jika kita pandai menceritakannya dan juga menuliskannya tentu akan menjadi sebuah cerita yang bagus. Contoh kecil, fenomena yang dekat dengan mahasiswa: Ujian kita, kalau diramu tentu bisa menghasilkan 5-6 lembar cerita. Masalah komunikasi, handphone, facebook, fashion bahkan konflik batin kita pun bisa menjadi ide cerita.

Diatas semua itu dan disamping semua itu, tentunya kita perlu memperkaya wawasan dan kehalusan bahasa, mau tau caranya? Yupps, nggak ada cara lain yang lebih ampuh selain membaca karya sastra juga. Jadi penulis cerpen ya musti sering-sering baca cerpen biar nggak garing!

Oke, gimana nih? Udah clear? okelah, lain waktu kita sambung ;agi pembahasan kita. Saya mau menyelesaikan aktivitas saya terlebih dahulu. Sampai jumpa lagi..
:^__^

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s