Anyelir: Bukan Sekedar Menggambar apalagi menulis !!


Hmm, mungkin ini adalah tulisan perdana saya tentang  bidang ilmu yang menjadi konsentrasi saya. Do’akan saja selanjutnya saya bisa istimror (konsisten) menulis tentang bidang ilmu ini. 😀

Anyelir, apa yang terlintas dalam benak teman – teman ketika saya menyebutkan ‘anyelir’ ? Yuppss, Anyelir memang nama bunga. Penasaran gimana bentuk dari bunga anyelir?? Naaah… ini dia niih gambar bunga Anyelir.

Secara umum, Anyelir terbagi menjadi dua kelompok dasar (sekarang empat sih). Pertama, anyelir standar. Cirinya batang lurus menjulur dan bunganya relatif besar, tunggal pada tiap-tiap tangkainya. Kedua, anyelir spray. Cirinya  tangkai bercabang dan bunga muncul bergerombol serta berukuran lebih kecil dari anyelir standar. Ini dia nih kedua jenis bunga anyelir.

Anyelir Standar

Anyelir Spray

Oke, kembali ke judul  yaa.. Ketika menulis A-N-Y-E-L-I-R maka yang terlintas dibenak saya adalah tentang ujian tengah semester mata kuliah favorit saya: Tanaman Hias. Mau tahu apa soalnya?

Gambar dan tuliskan keempat jenis bunga anyelir!

Saya ngakak aja dalam hati, bukan apa-apa tapi karena saya tahu bahwa saya buta dengan tanaman Anyelir!  Dalam hati saya meracau riang,”Hmmm… kenapa anyelir sih? Kenapa nggak anggrek aja? Kalau anggrek, mau sambil mejem atau sambil jalan aku pasti bisa menggambarkan bentuk dan menuliskan jenis-jenisnya… “

Dosen saya berbaik hati, sepertinya beliau ‘tahu’ bahwa kami –mahasiswanya- ini tidak tahu seperti apa bunga anyelir. Dalam durasi 10 menit beliau menampilkan satu buklet bunga potong Anyelir, Lengkap! Gila dah, mana saya tahu yang mana anyelir standar,spray ,dkk???

Lama kami berkutat dengan gambar bunga anyelir, dosen kami sepertinya ‘puas’ telah membuat kami keok dalam ujian kali ini. Selesai dari ujian beliau mengatakan sebaris kalimat yang cukup menyentuh relung-relung jiwa yang paling dalam.

“Ternyata menggambar itu tidak mudah ya? Apalagi menuliskannya bukan? Kesalahan gambar dapat menyebabkan kesalahan penulisan tafsir dari gambar yang telah kita buat. Selamat berkenalan dengan Anyelir-anyelir varietas baru yang telah kalian gambar tadi”

Praktis, bisa dipastikan dosen saya akan tertawa apabila melihat gambar ‘bunga anyelir’ saya.  Hahahaha, terang saja bukan anyelir, boleh jadi itu gambar bunga mawar . Bukan, bukan saya tak pandai menggambar apalagi menuliskan, tapiiii karena saya duduk dibangku paling buntut. Makin klop aja dengan daya akomodasi mata saya yang telah kabur alias minus. Oh maafkan lah Anyelirku, bagaimanapun boleh jadi –entah kapan saatnya- akan ada anyelir  varietas mawar! Semoga saja. 🙂

@ Ruang perpustakaan Agronomi

00:14

Umi Qona’ah

Tinggalkan Balasan

